LAPORAN PRAKTIKUM
JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Disusun Oleh :
|
|
|
|
|
|
Namira Winona
|
NIM: 064001800002
|
|
Puspa Ayu Savira
|
NIM: 065001800009
|
|
|
|
Teknik Informatika
Fakultas Teknologi
Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2019
Tujuan
Laporan
ini dibuat untuk menyelesaikan
tugas praktikum kesepuluh dari mata kuliah Jaringan Komputer. Disamping itu
praktikum ini juga dapat menjadi panduan umum untuk membuat CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA
.
Teori Percobaan
Client adalah sistem atau proses
yang melakukan permintaan (request) data ke server. Sedangkan server yaitu
sistem atau proses yang menyediakan data yang diminta oleh client tersebut.
Jadi bisa disimpulkan bahwa client server merupakan sebuah paradigma dalam
teknologi informasi yang merujuk pada cara menyalurkan aplikasi antara kedua
pihak tersebut, yaitu client dan server. Bisa diartikan juga bahwa client
server adalah sebuah pembagian kerja didalam mengakses server sebuah jaringan
tertentu antara client dan server. Sebagai bagian dari konteks data, client
server mengatur interface yang fungsinya sebagai tempat menjalankan aplikasi
basis data. Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur
jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan
server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request
tersebut.
Pada jaringan client-server juga terdapat beberapa kelebihan dan
kekurangan. Kelebihan dari client-server diantaranya:
- Kontrol Terpusat pada Server
- Backup Terpusat pada Server
- Skalabilitas
- Kemudahan Perawatan
- Peningkatan Keamanan
Dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
- Kegagalan Pada Pusat Kontrol
- Biaya Pengeluaran
- Jaringan Melambat
CARA PERCOBAAN
1.
Siapkan dua laptop untuk percobaan.
Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2.
Tulis Source code untuk laptop client
3.
Tulis Sourcode untuk laptop server
4.
Jalankan program server terlebih dahulu
5.
Sekarang jalankan program client
6.
Selanjutnya kita mengirim pesan dari
Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.
KESIMPULAN
client
server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk pada
cara menyalurkan aplikasi antara kedua pihak tersebut, yaitu client dan server.
Contohnya pada client sebaiknya dilengkapi dengan resolusi layar monitor yang
bagus dengan antarmuka graphical user, sedangkan pada server sama sekali tidak
membutuhkan resolusi layar yang bagus cukup dengan antarmuka command line.Pada praktikum kali ini saya dan kelomok saya dapat membuat jaringan CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA dengan baik dan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar