Minggu, 19 Mei 2019

praktikum 10 : client server


LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Disusun Oleh :








Namira Winona
NIM: 064001800002

Puspa Ayu Savira
NIM: 065001800009








Teknik Informatika

Fakultas Teknologi Industri

Universitas Trisakti

Jakarta – Indonesia

2019






Tujuan

                  Laporan ini dibuat untuk menyelesaikan tugas praktikum kesepuluh dari mata kuliah Jaringan Komputer. Disamping itu praktikum ini juga dapat menjadi panduan umum untuk membuat CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
.

Teori Percobaan
Client adalah sistem atau proses yang melakukan permintaan (request) data ke server. Sedangkan server yaitu sistem atau proses yang menyediakan data yang diminta oleh client tersebut. Jadi bisa disimpulkan bahwa client server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk pada cara menyalurkan aplikasi antara kedua pihak tersebut, yaitu client dan server. Bisa diartikan juga bahwa client server adalah sebuah pembagian kerja didalam mengakses server sebuah jaringan tertentu antara client dan server. Sebagai bagian dari konteks data, client server mengatur interface yang fungsinya sebagai tempat menjalankan aplikasi basis data. Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

Pada jaringan client-server juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari client-server diantaranya:
  1. Kontrol Terpusat pada Server
  2. Backup Terpusat pada Server
  3. Skalabilitas
  4. Kemudahan Perawatan
  5. Peningkatan Keamanan
Dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
  1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol
  2. Biaya Pengeluaran
  3. Jaringan Melambat




CARA PERCOBAAN


1.      Siapkan dua laptop untuk percobaan. Laptop ke-1 untuk server laptop ke-2 untuk client
2.      Tulis Source code untuk laptop client
3.                  Tulis Sourcode untuk laptop server
4.                  Jalankan program server terlebih dahulu


5.                  Sekarang jalankan program client
 


6.                  Selanjutnya kita mengirim pesan dari Client dan akan diterima oleh Server dan proses chatting berhasil.
 


KESIMPULAN
client server merupakan sebuah paradigma dalam teknologi informasi yang merujuk pada cara menyalurkan aplikasi antara kedua pihak tersebut, yaitu client dan server. Contohnya pada client sebaiknya dilengkapi dengan resolusi layar monitor yang bagus dengan antarmuka graphical user, sedangkan pada server sama sekali tidak membutuhkan resolusi layar yang bagus cukup dengan antarmuka command line.Pada praktikum kali ini saya dan kelomok saya dapat membuat jaringan CLIENT-SERVER TCP DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA dengan baik dan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar