Kamis, 21 Maret 2019

praktikum 4 : jaringan beda kelas


LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER
JARINGAN BEDA KELAS




Disusun Oleh Kelompok J :



Sri Handayani
NIM: 064001500020

Namira Winona
NIM: 064001800002

Puspa Ayu Savira
NIM: 065001800009

 Karmielinda Nabila    
NIM: 064001800021




Teknik Informatika
Fakultas Teknologi Industri
Universitas Trisakti
Jakarta – Indonesia
2019


I. Judul Praktikum
Jaringan Beda Kelas

II. Teori Singkat
Jaringan (network) adalah sebuah sistem operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama atau suatu jaringan kerja yang terdiri dari titik-titik (nodes) yang terhubung satu sama lain, dengan atau tanpa kabel.

Tujuan dari jaringan computer :
  1. Resource Sharing , tujuan ini agat seluruh program, peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh orang yang berada atau berhak atas suatu jaringan komputer tanpa terpengaruh lokasi. Jadi lebih ringkasnya tujuan ini diharapkan dapat menghilangkan kendala jarak
  2. Keandalan Tinggi , artinya file file yang diperlukan dapat di taruh pada dua atau tiga buah mesin (komputer), sehingga apabila salah satu mesin tersebut tidak dapat dipakai atau rusak maka mesin yang lain dapat mengambil alih tugasnya
  3. Saving Money(Menghemat Uang) , maksudnya adalah kita dapat menggunakan satu server yang dapat dipakai bersama sama melalui komputer pribadi , jadi dalam jaringan komputer kita tidak harus menggunakan komputer mainframe yang harganya cukup mahal, kita dapat terhubung ke jaringan dengan komputer pribadi dan mengakses data di server
  4. Skalabilitas , yaitu kemampuan untuk meningkatkan kinerja secara berangsur angsur hanya dengan menambah sejumlah processor


Jaringan memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperoleh suatu data yang relevan.

Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date: Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

III. Tujuan Praktikum
Untuk mengetahui jaringan beda kelas

IV.  LAB SET UP
Adapun yang diperlukan dalam melakukan praktikum ini adalah :
-      PC
-      Software Cisco Packet Tracer

V. Langkah-Langkah pengenalan hardware komputer
1.    Buka Cisco Packet Tracer, lalu buat topologi seperti gambar dibawah ini.




2.    Klik Router0 - Config - GigabitEthernet0/0. Isi IP Address 192.168.1.20, lalu Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya.


3.    Setelah itu lanjut ke GigabitEthernet0/1. Isi IP Address 10.252.11.0, lalu Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Lalu klik tanda X.



4.    Setelah itu klik PC0. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.10 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.



5.    Setelah itu klik PC1. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.11 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.




6.    Setelah itu klik PC2. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 192.168.1.12 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.



7.    Setelah itu klik PC3. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.2 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.




8.    Setelah itu klik PC4. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.3 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.



9.    Setelah itu klik PC5. Pilih Config - FastEthernet0. Lalu isi IP Address 10.252.11.4 dan Subnet Mask akan terisi dengan sendirinya. Klik X.




10. Setelah itu klik tanda Pesan seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.


11. Setelah diklik, klik PC3 dan PC5, bila berhasil akan muncul tulisan "Successful" dikolom kanan bawah seperti gambah dibawah ini.




12. Ulangin dengan PC0 dan PC5, bila berhasil akan muncul tulisan "Failed" dikolom kanan bawah seperti gambar dibawah ini.



VI. Kesimpulan

Kesimpulan dari percobaan diatas adalah bila IP address tidak diisi maka tidak dapat menghubungkan kedua perangkat. Ip address adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap computer host dalam jaringan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar